Mengenal Fungsi dan Kegunaan Mesin Heat Gun

Mengenal Fungsi dan Kegunaan Mesin Heat Gun
Mengenal Fungsi dan Kegunaan Mesin Heat Gun

Heat Gun atau Hot Gun merupakan alat yang digunakan untuk memancarkan aliran udara panas, biasanya pada suhu antara 100 ° C dan 550 ° C (200-1000 ° F), dengan beberapa model panas berjalan sekitar 760 ° C (1400 ° F), yang dapat dipegang oleh tangan dan bentuknya menyerupai sebuah pistol. Heat Gun biasanya memiliki bentuk memanjang menunjuk apa yang akan dipanaskan, dengan pegangan tetap untuk itu di sudut kanan dan pemicu, dalam tata letak umum yang sama seperti pistol.

Ketika Heat Gun dihidupkan, maka pipa besi bisa dibengkokkan dengan sangat mudah. Alat ini pun bisa mengelupas cat, melonggarkan mur berkarat serta mengganti dempul furnitur. Nah ingin tahu apa saja fungsi dari Heat Gun tersebut berikut ulasannya.


Mengenal Fungsi dan Kegunaan Mesin Heat Gun
  • Heat Gun dapat dipakai sewaktu mempunyai pemasalahan dengan besi yang harus dibengkokkan. Untuk membengkokkan besi, yang anda lakukan hanya dengan menyemprotkan udara panas yang berasal dari Heat Gun ke besi yang ingin dibengkokkan. Semprotkan sampai besi menjadi panas, kemudian tarik bagian ujung besi ke arah yang di inginkan.

Mengenal Fungsi dan Kegunaan Mesin Heat Gun
  • Tidak hanya bisa membengkokkan besi, alat ini juga bisa dipakai untuk menghilangkan stiker maupun benda lainnya yang menempel di dinding atau permukaan lainnya yang mempunyai perekat sangat kuat. Untuk menghilangkan stiker menggunakan Heat Gun caranya sangat mudah hanya dengan menyemprotkan udara panas dari Heat Gun pada stiker, maka stiker yang menempel akan terkelupas dengan sendirinya.
  • Het Gun pun bisa dipakai untuk menguatkan perekatan. Sejumlah perekat tentunya butuh waktu supaya menjadi kering untuk dapat digunakan. Dengan memakai Heat Gun proses pengeringan akan lebih cepat serta hasilnya pun akan lebih maksimal.

Mengenal Fungsi dan Kegunaan Mesin Heat Gun
  • Apabila hendak mengganti warna cat dinding rumah dengan warna yang lain dan mendapatkan hasil yang maksimal, maka cat lama yang menempel pada dinding mesti dihilangkan. Pada umumnya cara menghilangkan cat lama dengan cara dikerok memakai pisau dempul, akan tetapi cara seperti ini membutuhkan waktu yang begitu lama. Untuk mempermudah serta mempercepat proses dalam pengelupasan cat, caranya cukup semprotkan uap panas berasal dari Heat Gun. Cat lama akan mengelupas dengan cepat.
  • Apabila anda mengalami kesusahan dalam membuka baut atau mur berkarat, Heat Gun bisa menjadi solusi.

Mengenal Fungsi dan Kegunaan Mesin Heat Gun
Pengaturan Suhu dalam Penggunaan Heat Gun

Heat Gun dilengkapi dengan thermostat untuk mengatur suhu yang dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan anda. Pilih suhu yang sesuai dengan kebutuhan anda:

  1. 122° – 300° F (50° – 150° C): untuk melepaskan pipa besi
  2. 400° – 450° F (205° – 230° C): untuk mengelupaskan cat atau dempul
  3. 450° – 550° F (230° – 290° C): untuk mengelupaskan lem atau untuk memperkuat perlekatan lem
  4. 800° – 850° F (425° – 455° C): untuk menyolder
  5. 900° – 950° F (480° – 510° C): untuk melonggarkan mur atau baut atau sekrup berkarat
  6. 1000° – 1100° F (520° – 550° C) : untuk menghilangkan cat atau pernis
  7. 1022° F (550° C): pada suhu ini, kayu bisa berubah menjadi arang

Tersedia Heat Gun di Dapur Teknik Malang

Dapur Teknik menyediakan aneka perkakas dan alat teknik terlengkap dengan harga terjangkau. Merk" terkenal seperti Bosch, Makita, Einhill tersedia disini.



Artikel Pilihan Lainnya

Dapatkan Informasi tentang alat teknik lainnya.

Mengenal Jenis Jenis Mata Bor dan Fungsinya

Artikel / Jenis Mata Bor dan Fungsinya

Cara Memasang dan Menggunakan Gerinda Tangan

Artikel / Cara Menggunakan Gerinda Tangan

Tips Cara Menggunakan Mesin Trimmer

Artikel / Cara menggunakan Mesin Trimmer / Mesin Trimmer

Cara Menggunakan Mesin Jigsaw

Artikel / Cara Menggunakan Mesin Jigsaw / Mesin Jigsaw

Kirim Pesan

Kirim Pesan
Kirim Pesan

Lokasi dan Kontak

Lokasi dan Kontak

Dapur Teknik

Jl. Sunandar Priyo Sudarmo No. 4
Malang, Jawa Timur 65122, Indonesia

Klik disini untuk petunjuk arah


Informasi Kantor

0819 3455 3435

Follow Us


Kirim Pesan Langsung


Kembali ke atas

Tentang Dapur Teknik


Siapa Dapur Teknik?

Dapur Teknik Toko Alat Teknik Malang, memiliki lokasi di Jl. Sunandar Priyo Sudarmo No. 4, Malang, Jawa Timur. Distributor alat teknik ini bergerak dibidang perdagangan alat-alat teknik atau perkakas. Menjual aneka jenis perkakas dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau. Toko perkakas ini telah mendistribusikan perkakas mulai dari wilayah kota Malang hingga ke seluruh wilayah Indonesia. Target utama dari Dapur Teknik adalah menjadi solusi untuk berbagai kebutuhan perkakas dan alat teknik Anda.

Apa yang dihasilkan Dapur Teknik ?
Distributor alat teknik di Malang ini menjual dan mendistribusikan berbagai jenis perkakas dan alat teknik. Contoh perkakas yang dijual oleh Dapur Teknik adalah Gerinda Duduk, Bor, Mesin Las, Genset, Gerinda, Bor Listrik, Mesin Bubut, Kompresor, Dongkrak, Katrol, Spray Gun, Mesin Pemotong Besi, Molen Beton, Jigsaw, dan aneka jenis perkakas lainnya. Tidak hanya berbagai jenis perkakas yang dijual, tetapi aneka merk perkakas ternama juga di sediakan di sini, seperti Bosch, Einhill, Nippon, Makita, Nachi, Maktec, Ryota, Yokhohama, dan aneka merk perkakas lainnya. Anda bisa mendapatkan berbagai macam perkakas sesuai kebutuhan Anda dengan harga yang terjangkau dan kualitas terbaik hanya di Dapur Teknik.
Mengapa Dapur Teknik?

Dapur Teknik telah melayani customer di kota Malang dan juga sekitarnya mulai dari tahun 2010. Kualitas perkakas terbaik dan harga terjangkau merupakan hal yang selalu dikedepankan oleh Dapur Teknik. Kepuasan customer adalah hal terpenting bagi Dapur Teknik, oleh karena itu pelayanan dan juga fasilitas selalu ditingkatkan untuk meningkatkan kepuasan customer. Dapur Teknik mempunyai tujuan untuk menjadi pusat perbelanjaan perkakas terbesar dan terlengkap di kota Malang.

Check Out Barang

No data to display
Total : Rp

CheckOut